Record Details

PEMOTIVASIAN GURU DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DI UPTD SDN TAMBERU DAYA 3 KECAMATAN SOKOBANAH KABUPATEN SAMPANG

Halimi: Journal of Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMOTIVASIAN GURU DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DI UPTD SDN TAMBERU DAYA 3 KECAMATAN SOKOBANAH KABUPATEN SAMPANG
 
Creator Syaifurrahman, Syaifurrahman
 
Description Dalam mewujudkan profesionalisme guru dan memperoleh hasil kerja yang optimal, maka kinerja guru harus optimal. Namun kenyataannya, masih terdapat hal-hal yang kurang sesuai dengan harapan, yaitu bahwa kinerja guru masih kurang optimal. Hal ini bisa dibuktikan bahwa di lapangan masih banyak guru yang sering mangkir dari tugasnya, yaitu jarang hadir ke sekolah, kalaupun ada di sekolah mereka tidak bekerja secara efektif, sebagian besar guru tidak memiliki perencanaan mengajar yang baik bahkan terkesan dalam setiap tahunnya menggunakan perencanaan yang sama, padahal setiap tahunnya siswa yang diajar berubah dan berbeda karakter. Berdasarkan identifikasi masalah penelitian, penelitian ini merumukan masalah sebagai berikut: “Apakah pemberian motivasi (pemotivasian) guru dan supervisi kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru?”. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini menggunakan metode penelitian tindakan yang difokuskan pada situasi sekolah, atau yang lazim disebut action research. Berdasarkan analisis data, dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan pemotivasian dan supervisi kepala sekolah efektif untuk meningkatkan kinerja guru. Berdasarkan pelaksanaan tindakan pada siklus II menunjukan bahwa kinerja guru sudah mengalami peningkatan yang signifikan pada akhir siklus II meningkat menjadi 100%, demikian halnya pemberian motivasi dalam mengadakan persiapan perangkat pembelajaran yang tadinya hanya 50 % dari jumlah guru pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Artinya pelaksanaan pemotivasian dan supervisi kepala sekolah dapat meingkatkan kinerja guru. Hal ini bisa dikatakan bahwa hipotesis dalam penelitian tindakan ini terjawab atau diterima.
 
 
Publisher LP2M STEI Walisongo Sampang
 
Date 2020-02-03
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/halimi/article/view/4091
 
Source Halimi: Journal of Education; Vol. 1 No. 1 (2020); 57-69
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/halimi/article/view/4091/2984
 
Rights Copyright (c) 2020 Halimi: Journal of Education