Record Details

Epistemology and Strategy of Multicultural Islamic Education

Syaikhuna: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Epistemology and Strategy of Multicultural Islamic Education
 
Creator Zarkasyi, Ahmad
 
Subject Epistemology
strategy
Islamic education
multicultural
 
Description Artikel ini bertujuan untuk mengkaji epistemologi dan strategi pendidikan Islam multikultural. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian, dan verifikasi. Kami memeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan dilaksanakannya upaya pendidikan agama berwawasan multikultural adalah untuk menciptakan pemahaman beragama yang humanis, inklusif, dan penuh toleransi serta saling menghormati antar pemeluk agama lain. Dengan demikian, dari upaya tersebut, kerukunan dan kedamaian akan terwujud dalam kehidupan masyarakat dengan cita-cita dan tujuan esensial dari ajaran universal agama.
 
Publisher STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan
 
Date 2021-10-14
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/syaikhuna/article/view/5116
10.36835/syaikhuna.v12i2.5116
 
Source Syaikhuna: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam; Vol. 12 No. 2 (2021): October; 114-122
2623-0054
2086-9088
10.36835/syaikhuna.v12i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/syaikhuna/article/view/5116/3371
 
Rights Copyright (c) 2021 Ahmad Zarkasyi
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0