Record Details

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN BENDA KONKRET PADA ANAK USIA KELOMPOK B TK PAMARDI SUNU KECAMATAN PUNUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019

JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN BENDA KONKRET PADA ANAK USIA KELOMPOK B TK PAMARDI SUNU KECAMATAN PUNUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019
 
Creator SUSILOWATI, WAHYUNI
 
Subject Penjumlahan, problem solving, benda konkret, anak usia dini
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan melalui problem solving dengan benda konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan 2 siklus dengan tema rekreasi dan pekerjaan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pamardi Sunu Punung Pacitan, dengan jumlah 22 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I, rerata kemampuan penjumlahan 11-15 (64,01) meningkat menjadi 83,33. Pada penjumlahan 16-20 (51,13) meningkat menjadi 85,60. Langkah pembelajarannya yaitu: 1) guru memperkenalkan benda konkret yang digunakan, 2) guru mencontohkan bagaimana memecahkan persoalan penjumlahan, 3) guru membacakan problem solving, 5) anak memecahkan persoalan penjumlahan dengan mengambil, memindah, menggabung dan menghitung secara langsung benda konkret, dan 6) anak memecahkan persoalan penjumlahan secara individu pada siklus I dan berpasangan pada siklus II.
 
Publisher STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2021-08-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/57
10.1212/jvis.v1i2.57
 
Source JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini; Vol 1 No 2 (2021): JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini; 234-244
2774-4310
2774-4329
10.1212/jvis.v1i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/57/73
 
Rights Hak Cipta (c) 2021 WAHYUNI SUSILOWATI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0