Record Details

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PITON KECAMATAN PUNUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PITON KECAMATAN PUNUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
 
Creator SUYONO
 
Subject Model pembelajaran kontekstual, hasil belajar matematika
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas V SD Negeri 2 Piton tahun pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Tanggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Piton yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 7 putra dan 15 putri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Selanjutnya data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Piton. Berdasarkan tes pada siklus I nilai rata-rata meningkat dari 66,27 menjadi 86,77 dengan ketuntasan belajar meningkat dari 22,73% menjadi 86,36%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada pembagian kelompok yang heterogen dengan pembagian tugas setiap anggota dapat memaksimalkan kegiatan pada komponen inkuri, bertanya, masyarakat belajar, dan pemodelan. Nilai rata-rata menjadi 89,18 dengan ketuntasan belajar 100%.
 
Publisher STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2021-08-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/56
10.1212/jvis.v1i2.56
 
Source JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini; Vol 1 No 2 (2021): JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini; 219-233
2774-4310
2774-4329
10.1212/jvis.v1i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/56/72
 
Rights Hak Cipta (c) 2021 SUYONO
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0