Record Details

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI BOLOSINGO KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI BOLOSINGO KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
 
Creator WAHYUNI, SRI
 
Subject Keterampilan membaca permulaan, media kartu huruf
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu huruf siswa kelas 1 SD Negeri Bolosingo Pacitan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 berjumlah 20 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan membaca permulaan siswa meningkat dari segi proses maupun hasil dengan menggunakan media kartu huruf. Peningkatan keterampilan membaca permulaan pada pratindakan adalah 65,55 meningkat menjadi 74,47 pada siklus II. Peningkatan didasarkan pada proses keterampilan membaca permulaan yang sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: 1) siswa mengamati media kartu huruf yang dipasang guru didepan kelas, 2) siswa diberi contoh menyusun huruf-huruf menjadi kata, 3) siswa memperhatikan guru saat guru membacakan kata dengan kartu huruf, 4) siswa menirukan guru membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat, 5) Siswa disuruh maju ke depan untuk membaca.
 
Publisher STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2021-08-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/52
10.1212/jvis.v1i2.52
 
Source JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini; Vol 1 No 2 (2021): JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini; 172-180
2774-4310
2774-4329
10.1212/jvis.v1i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/52/68
 
Rights Hak Cipta (c) 2021 SRI WAHYUNI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0