Record Details

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUB TEMA SUHU DAN KALOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EKSPLORATIF DAN METODE RESITASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GEMBUK KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUB TEMA SUHU DAN KALOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EKSPLORATIF DAN METODE RESITASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GEMBUK KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
 
Creator HARIYANI
 
Subject Hasil belajar, pembelajaran eksploratif, metode resitasi
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi suhu dan kalor melalui model pembelajaran eksploratif dan metode resitasi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gembuk Pacitan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mana digunakan untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Gembuk yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran eksploratif dan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Gembuk materi suhu dan kalor. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran di akhir proses pembelajaran. Sebelum tindakan nilai rata-rata seluruh siswa adalah 63.75 dengan ketuntasan belajar sebesar 47.7%, siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 73.12 dengan ketuntasan belajar sebesar 66.7%, dan siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 77.08 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87.5%.
 
Publisher STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2021-08-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/47
10.1212/jvis.v1i2.47
 
Source JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini; Vol 1 No 2 (2021): JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini; 110-122
2774-4310
2774-4329
10.1212/jvis.v1i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/47/63
 
Rights Hak Cipta (c) 2021 HARIYANI HARIYANI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0