Record Details

KEMAMPUAN NUMERASI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Education and Human Development Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN NUMERASI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA
 
Creator Sri Hartatik
Nafiah, Nafiah
 
Subject Kemampuan Numerasi , Masalah matematika
 
Description Penelitian ini merupakan penelitian kualitatatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan numerasi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan 2019 dalam menyelesaikan masalah matematika. Masalah yang diberikan sebanyak 2 soal. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan sebanyak sebanyak 31 orang adalah mahasiswa yang sudah berkerja sebagai guru sekolah dasar yang tersebar di Jawa Timur dan Madura. Kemampuan Numerasi adalah fokus kepada kemampuan siswa dalam menganalisa, memberikan alasan, dan menyampaikan ide secara efektif, merumuskan, memecahkan, dan menginterpretasi masalah-masalah matematika dalam berbagai bentuk dan situasi (PISA). Hasil dari penelitian ini adalah untuk soal 1, rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa PPG SD pada indikator yang pertama sebesar 0,7, rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa pada indikator kedua sebesar 1,3 dan nilai rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa pada indikator ketiga sebesar 1,37. Untuk soal 2, rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa PPG SD pada indikator yang pertama sebesar 0,4, rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa pada indikator kedua sebesar 1 dan nilai rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa pada indikator ketiga sebesar 0,9. Hasil dari analisa kedua soal, kemampuan terendah mahasiswa PPG SD daljab dalam menyelesaikan masalah matematika adalah  kemampuan dalam menggunakan simbol atau angka terkait matematika dalam menyelesaikan masalah sehari hari. Sebagian besar mahasiswa PPG SD banyak melakukan kesalahan dalam penulisan angka dan simbol dalam menyelesaikan masalah matematika padahal maksud yang ingin mereka sampaikan sudah benar sehingga akan menimbulkan miskonsepsi bagi yang membaca hasil penyelesaian masalah mereka..
Kata kunci: Kemampuan Numerasi ,  Masalah matematika
 
Publisher Universitas Nahdatul Ulama Surabaya
 
Date 2020-04-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1456
10.33086/ehdj.v5i1.1456
 
Source Education and Human Development Journal; Vol. 5 No. 1 (2020): Educatioan and Human Development Journal; 32-42
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA; Vol 5 No 1 (2020): Educatioan and Human Development Journal; 32-42
2599-0292
2541-0156
10.33086/ehdj.v5i1
 
Language eng
 
Relation https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1456/1073
 
Rights Copyright (c) 2020 Sri Hartatik, Nafiah Nafiah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0