Record Details

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS MELALUI MEDIA MAJALAH DINDING DAN EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B TK KARYA SAKTI GEDANGAN TEGALOMBO PACITAN TAHUN 2019

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS MELALUI MEDIA MAJALAH DINDING DAN EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B TK KARYA SAKTI GEDANGAN TEGALOMBO PACITAN TAHUN 2019
 
Creator HASTUTI, SRI
 
Subject Keterampilan sains, eksperimen, majalah dinding
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sains anak melalui media majalah dinding. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Karya Sakti Gedangan yang berjumlah 14 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengggunakan deskripsif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari pra tindakan, siklus I serta siklus II. Sebelum tindakan diperoleh persentase keterampilan sains sebesar 42,85%, dari persentase tersebut telah meningkat pada siklus I sebesar 64,28%. Saat pelaksanaan siklus II meningkat sebanyak 85,71%.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2022-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/105
10.1503/jpp.v3i1.105
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 3 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 106-114
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v3i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/105/119
 
Rights Hak Cipta (c) 2022 SRI HASTUTI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0