Record Details

IMPLEMENTASI MEDIA APLIKASI DUOLINGO DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 4 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IMPLEMENTASI MEDIA APLIKASI DUOLINGO DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 4 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
 
Creator HASTUTIK, WIDI
 
Subject Media, duolingo, penguasaan kosakata bahasa Inggris
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas VII SMPN 4 Pacitan melalui penerapan media aplikasi duolingo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar, dan unjuk kerja. Sedangkan teknik analisis data penelitiannya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media aplikasi duolingo dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas VII SMPN 4 Pacitan. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa dalam penguasaan kosakata aspek mengartikan kata pada siklus II ini mencapai 91% dibandingkan dengan saat siklus I, yang hanya mencapai 55%. Peningkatan yang diperoleh sekitar 36%; pada aspek membaca pada siklus II ini mencapai 100%, dibandingkan dengan saat siklus I yang hanya mencapai 82%. Peningkatan yang diperoleh sekitar 18%. Dan aspek menulis pada siklus II ini mencapai 95,5%, dibandingkan dengan saat siklus I yang hanya menyampai 72,7%. Peningkatan yang diperoleh sekitar 23,3%.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2022-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/103
10.1503/jpp.v3i1.103
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 3 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 87-94
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v3i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/103/117
 
Rights Hak Cipta (c) 2022 WIDI HASTUTIK
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0