Record Details

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 ARJOSARI PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 ARJOSARI PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
 
Creator WULANDARI, ENDANG
 
Subject Kemandirian Belajar, Matematika, PBL
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C semester genap SMP Negeri 1 Arjosari tahun pelajaran 2018/2019. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PBL. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan catatan lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis data berupa analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil observasi kemandirian belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Pada siklus I rata-rata kemandirian belajar siswa mencapai 52,00% dengan kriteria cukup. Sedangkan pada siklus II rata-rata kemandirian belajar siswa meningkat menjadi 72,78% dengan kriteria baik.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2022-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/102
10.1503/jpp.v3i1.102
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 3 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 76-86
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v3i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/102/116
 
Rights Hak Cipta (c) 2022 ENDANG WULANDARI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0