Record Details

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII B SMP NEGERI 4 PACITAN TAHUN 2019

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII B SMP NEGERI 4 PACITAN TAHUN 2019
 
Creator NURHAYATI
 
Subject Meningkatan, kerjasama, STAD
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika pada kelas VIII B SMPN 4 Pacitan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setting penelitian ini adalah kelas VIII B SMPN 4 Pacitan semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 26 yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data berupa analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran koopertaif tipe STAD dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini terbukti dari hasil observasi yang menunjukkan terjadinya peningkatan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pada siklus I rata-rata kerjasama siswa mencapai 52,78% dengan kriteria cukup. Sedangkan pada siklus II rata-rata kerjasama siswa meningkat menjadi 73,81% dengan kriteria baik.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2022-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/101
10.1503/jpp.v3i1.101
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 3 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 66-75
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v3i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/101/115
 
Rights Hak Cipta (c) 2022 NURHAYATI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0