PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII B SMP NEGERI 4 PACITAN TAHUN 2019
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII B SMP NEGERI 4 PACITAN TAHUN 2019
|
|
Creator |
NURHAYATI
|
|
Subject |
Meningkatan, kerjasama, STAD
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika pada kelas VIII B SMPN 4 Pacitan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setting penelitian ini adalah kelas VIII B SMPN 4 Pacitan semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 26 yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data berupa analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran koopertaif tipe STAD dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini terbukti dari hasil observasi yang menunjukkan terjadinya peningkatan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pada siklus I rata-rata kerjasama siswa mencapai 52,78% dengan kriteria cukup. Sedangkan pada siklus II rata-rata kerjasama siswa meningkat menjadi 73,81% dengan kriteria baik.
|
|
Publisher |
LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
|
|
Date |
2022-02-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/101
10.1503/jpp.v3i1.101 |
|
Source |
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 3 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 66-75
2747-2477 2716-1498 10.1503/jpp.v3i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/101/115
|
|
Rights |
Hak Cipta (c) 2022 NURHAYATI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 |
|