Record Details

MEDIA PEMBELAJARAN FLANEL ALFABET UNTUK MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 KETRO KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MEDIA PEMBELAJARAN FLANEL ALFABET UNTUK MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 KETRO KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN
 
Creator HARIYATIN, SRI
 
Subject Keterampilan menulis puisi, media pembelajaran, flanel alphabet
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia melalui media pembelajaran flanel alfabet pada siswa kelas II SD Negeri 2 Ketro Kebonagung Pacitan tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Ketro yang berjumlah 12 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti yang bertindak sebagai guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menulis puisi yang dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan pada setiap siklusnya. Selain itu, keterampilan guru dan aktivitas siswa yang diamati dalam lembar observasi juga mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran flanel alfabet dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas II SD Negeri 2 Ketro Kebonagung Pacitan tahun pelajaran 2018/2019.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2022-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/100
10.1503/jpp.v3i1.100
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 3 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 60-65
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v3i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/100/114
 
Rights Hak Cipta (c) 2022 SRI HARIYATIN
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0