Record Details

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI TEXT SHORTMESSAGE, ANNOUNCEMENT AND NOTICE MELALUI PENGGUNAAN METODE INKUIRI SISWA KELAS VIII B SMPN 3 NGADIROJO SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI TEXT SHORTMESSAGE, ANNOUNCEMENT AND NOTICE MELALUI PENGGUNAAN METODE INKUIRI SISWA KELAS VIII B SMPN 3 NGADIROJO SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
 
Creator FATIMAH, SITI
 
Subject Inkuiri, aktivitas, hasil belajar
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas VIII B SMPN 3 Ngadirojo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui penerapan metode inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas meliputi empat komponen yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIII B SMPN 3 Ngadirojo berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Aktivitas siswa dari 5 siswa atau 22,73%, siklus I ada 13 siswa atau 59,09%, dan pada siklus II ada 22 siswa atau 100% pada siklus kedua, hasil belajar siswa dari rata-rata pada sebelum perbaikan hanya 53,64 menjadi 62,27 dan 74,09 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 4 siswa atau 18,18%, siklus I ada 10 siswa atau 45,45%, dan pada siklus II ada 19 siswa atau 86,36%, hasil ini sesuai dengan indikator yang ditentukan yakni minimal siswa tuntas mencapai 85 % dari jumlah seluruh siswa, walaupun masih ada 3 siswa (13,64%) yang belum tuntas namun karena semua kriteria keberhasilan proses pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua maka dinyatakan bahwa proses perbaikan pembelajaran selesai dan berhasil pada siklus kedua.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2022-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/97
10.1503/jpp.v3i1.97
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 3 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 30-40
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v3i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/97/111
 
Rights Hak Cipta (c) 2022 SITI FATIMAH
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0