Record Details

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MUATAN AJAR IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SD NEGERI SUKOHARJO PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MUATAN AJAR IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SD NEGERI SUKOHARJO PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
 
Creator BURHANUDIN
 
Subject Kemampuan memecahkan masalah, model Problem Based Learning
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dalam muatan ajar IPS melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD Negeri Sukoharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model spiral berdasarkan Kemmis & McTaggart yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data pada penelitian berdasarkan pada refleksi setiap siklus. Data penelitian diperoleh dari analisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah yang ditunjukkan melalui hasil tes evaluasi pada akhir siklus. Pada pratindakan terdapat 44% yang mencapai KKM, pada siklus I dan II terdapat 80% siswa yang mencapai KKM atau sudah mencapai keberhasilan. Nilai rata-rata pratindakan sebesar 68,4, pada akhir siklus I sebesar 81,12, dan akhir siklus II sebesar 83,52.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2022-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/96
10.1503/jpp.v3i1.96
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 3 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 19-29
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v3i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/96/110
 
Rights Hak Cipta (c) 2022 BURHANUDIN
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0