Record Details

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA MEMAHAMI KUE INDONESIA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI PRODUKTIF APHP SMK NEGERI 2 DONOROJO PACITAN

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA MEMAHAMI KUE INDONESIA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI PRODUKTIF APHP SMK NEGERI 2 DONOROJO PACITAN
 
Creator YULIFATIN
 
Subject Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, kompetensi, kue Indonesia
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perencanaan, penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan peningkatan kompetensi siswa kelas XI APHP SMKN 2 Donorojo Pacitan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian adalah: 1) perencanaan yang dilakukan adalah pembuatan kelompok belajar dan kelompok ahli, pembuatan RPP dan jobsheet, pembuatan lembar observasi, lembar penilaian unjuk kerja, dan tes pilihan ganda; 2) penerapan dapat terlaksana dengan efektif dan efisien. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada siklus pertama adalah 75% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 100%; 3) peningkatan kompetensi siswa kelas XI APHP di SMKN 2 Donorojo Pacitan pada nilai rata-rata kelas pra siklus sebesar 81,4, menjadi 83,5 pada siklus pertama dan 91,2 pada siklus kedua. Siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada pra siklus sebesar 80%, meningkat 3% menjadi 83% pada siklus pertama dan meningkat 17% menjadi 100% pada siklus kedua.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2022-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/94
10.1503/jpp.v3i1.94
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 3 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 1-9
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v3i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/94/108
 
Rights Hak Cipta (c) 2022 YULIFATIN
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0