UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA MEMAHAMI KUE INDONESIA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI PRODUKTIF APHP SMK NEGERI 2 DONOROJO PACITAN
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA MEMAHAMI KUE INDONESIA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI PRODUKTIF APHP SMK NEGERI 2 DONOROJO PACITAN
|
|
Creator |
YULIFATIN
|
|
Subject |
Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, kompetensi, kue Indonesia
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perencanaan, penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan peningkatan kompetensi siswa kelas XI APHP SMKN 2 Donorojo Pacitan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian adalah: 1) perencanaan yang dilakukan adalah pembuatan kelompok belajar dan kelompok ahli, pembuatan RPP dan jobsheet, pembuatan lembar observasi, lembar penilaian unjuk kerja, dan tes pilihan ganda; 2) penerapan dapat terlaksana dengan efektif dan efisien. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada siklus pertama adalah 75% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 100%; 3) peningkatan kompetensi siswa kelas XI APHP di SMKN 2 Donorojo Pacitan pada nilai rata-rata kelas pra siklus sebesar 81,4, menjadi 83,5 pada siklus pertama dan 91,2 pada siklus kedua. Siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada pra siklus sebesar 80%, meningkat 3% menjadi 83% pada siklus pertama dan meningkat 17% menjadi 100% pada siklus kedua.
|
|
Publisher |
LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
|
|
Date |
2022-02-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/94
10.1503/jpp.v3i1.94 |
|
Source |
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 3 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 1-9
2747-2477 2716-1498 10.1503/jpp.v3i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/94/108
|
|
Rights |
Hak Cipta (c) 2022 YULIFATIN
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 |
|