PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 1 DERSONO KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 1 DERSONO KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
|
|
Creator |
SUGITO
|
|
Subject |
Prestasi belajar, pembelajaran IPS, kooperatif tipe jigsaw
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar aspek kognitif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di SDN 1 Dersono, Pringkuku, Pacitan. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 16 anak, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes objektif dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar IPS aspek kognitif. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata kelas mata pelajaran IPS pada pra tindakan yaitu 59,13 kemudian pada siklus I meningkat menjadi 70,13 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,06.
|
|
Publisher |
LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
|
|
Date |
2021-12-17
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/68
10.1503/jpp.v2i2.68 |
|
Source |
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 2 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 223-233
2747-2477 2716-1498 10.1503/jpp.v2i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/68/84
|
|
Rights |
Hak Cipta (c) 2021 SUGITO
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 |
|