Record Details

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 1 DERSONO KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 1 DERSONO KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
 
Creator SUGITO
 
Subject Prestasi belajar, pembelajaran IPS, kooperatif tipe jigsaw
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar aspek kognitif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di SDN 1 Dersono, Pringkuku, Pacitan. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 16 anak, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes objektif dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar IPS aspek kognitif. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata kelas mata pelajaran IPS pada pra tindakan yaitu 59,13 kemudian pada siklus I meningkat menjadi 70,13 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,06.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2021-12-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/68
10.1503/jpp.v2i2.68
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 2 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 223-233
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v2i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/68/84
 
Rights Hak Cipta (c) 2021 SUGITO
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0