PENINGKATAN HASIL BELAJAR BILANGAN ROMAWI MELALUI METODE PERMAINAN PADA SISWA KELAS IV SEMETER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DI SD NEGERI 2 PURWOASRI KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BILANGAN ROMAWI MELALUI METODE PERMAINAN PADA SISWA KELAS IV SEMETER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DI SD NEGERI 2 PURWOASRI KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN
|
|
Creator |
KADENO
|
|
Subject |
Hasil belajar, metode permainan, bilangan romawi
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar dan proses pembelajaran bilangan romawi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Purwoasri Kebonagung Pacitan. Jenis penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 2 Purwoasri Kebonagung Pacitan yang berjumlah 17 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan dan hasil yang diperoleh dari penerapan metode permainan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui metode permainan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Purwoasri. Peningkatan proses pembelajaran menggunakan metode permainan pada aktivitas guru dan siswa pada siklus I sebesar 66,67% dan 65% meningkat menjadi 86,67% dan 84,17% pada siklus II. Nilai rata-rata yang diperoleh dari pengukuran hasil belajar siswa pada kondisi awal sebesar 60,88 meningkat menjadi 70,20 pada siklus I dan meningkat menjadi 79,36 pada siklus II. Siswa yang mencapai nilai ≥68 pada siklus I sejumlah 12 siswa atau 70,59%, pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa atau 94,12%. Dengan demikian, penerapan metode permainan dapat digunakan di kelas IV SD Negeri 2 Purwoasri Kebonagung Pacitan.
|
|
Publisher |
LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
|
|
Date |
2021-12-17
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/62
10.1503/jpp.v2i2.62 |
|
Source |
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 2 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 157-167
2747-2477 2716-1498 10.1503/jpp.v2i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/62/78
|
|
Rights |
Hak Cipta (c) 2021 KADENO
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 |
|