Record Details

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSEP DASAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 2 PURWOASRI KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSEP DASAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 2 PURWOASRI KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN
 
Creator RUSMINI
 
Subject Penjumlahan dan pengurangan, media sempoa
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman operasi hitung bilangan cacah penjumlahan dan pengurangan dengan media sempoa pada siswa kelas I di SD Negeri 2 Purwoasri Kebonagung Pacitan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelas I yang berjumlah sebanyak 18 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitataif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan ditetapkan berdasarkan jumlah siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 65 sebanyak 85% atau sebesar 16 dari 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yaitu pada pra tindakan yang berhasil mendapatkan nilai minimal KKM yaitu sebanyak 11 siswa (61,16%), terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 14 siswa (77,84%) dan terjadi lagi peningkatan sebanyak 16 siswa (88,89%). Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan sebesar 68,61 pada pra tindakan, 70 pada siklus I dan terjadi penigkatan sebesar 80,27 pada siklus II.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2021-12-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/61
10.1503/jpp.v2i2.61
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 2 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 147-156
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v2i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/61/77
 
Rights Hak Cipta (c) 2021 RUSMINI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0