UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUB TEMA SUHU DAN KALOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EKSPLORATIF DAN RESITASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KETEPUNG KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUB TEMA SUHU DAN KALOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EKSPLORATIF DAN RESITASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KETEPUNG KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019
|
|
Creator |
WIDIASTUTI
|
|
Subject |
Hasil belajar, pembelajaran eksploratif, resitasi
|
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi suhu dan kalor melalui model pembelajaran eksploratif dan resitasi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ketepung Kebonagung tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mana digunakan untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Ketepung yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran eksploratif dan resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Ketepung materi suhu dan kalor. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran di akhir proses pembelajaran. Sebelum tindakan nilai rata-rata seluruh siswa adalah 63.75 dengan ketuntasan belajar sebesar 47.7%, siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 73.12 dengan ketuntasan belajar sebesar 66.7%, dan siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 77.08 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87.5%.
|
|
Publisher |
LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
|
|
Date |
2021-12-17
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/59
10.1503/jpp.v2i2.59 |
|
Source |
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 2 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 119-131
2747-2477 2716-1498 10.1503/jpp.v2i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/59/75
|
|
Rights |
Hak Cipta (c) 2021 WIDIASTUTI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 |
|