Record Details

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 CEMENG KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN PACITAN TAHUN 2020

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 CEMENG KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN PACITAN TAHUN 2020
 
Creator SALIM, WAHYU AGUS
 
Subject Pembelajaran, daring, problematika
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan problematika pembelajaran daring di SD Negeri 3 Cemeng Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan tahun 2020. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Proses pembelajaran daring guru di SD Negeri 3 Cemeng sudah berjalan dengan baik karena guru memberikan tugas dan materi dengan memanfaatkan media android dengan menggunakan grup kelas; 2) Pada proses pembelajaran daring guru mengalami masalah/kendala: kompetensi guru, perbedaan tingkat pemahaman peserta didik, orang tua yang tidak memiliki android, dan kurangnya kerjasama orang tua dan siswa; 3) Solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran daring adalah: meningkatkan kompetensi guru menggunakan/mengoperasionalkan teknologi, memberi pendampingan anak secara kelompok atau individual, mengadakan penyuluhan kepada wali murid tentang pentingnya penggunaan android, dan memberikan pengertian kepada orang tua tentang pentingnya kerjasama orang tua dan siswa.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2021-12-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/58
10.1503/jpp.v2i1.58
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 2 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 110-122
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v2i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/58/74
 
Rights Hak Cipta (c) 2021 WAHYU AGUS SALIM
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0