Record Details

MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PADA IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI NANGGUNGAN KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PADA IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI NANGGUNGAN KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN
 
Creator QOMARUDIN, KHUSNUL
 
Subject Implementasi dan Gerakan Literasi Sekolah
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajerial kepala sekolah pada implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri Nanggungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas dan siswa. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) tahap pembiasaan kegiatan membaca, pelibatan guru, pojok baca, lingkungan kaya literasi, dan melibatkan elemen public; 2) tahap pengembangan dengan menanggapi buku pengayaan, koleksi buku, diberikannya reward, dan adanya tim literasi sekolah; 3) tahap pembelajaran dengan penggunaan selain buku, strategi membaca, kegiatan literasi, pembelajaran di luar kelas, dan penghargaan akademik; 4) Faktor pendukung dengan pojok baca kelas, prestasi, kerja sama dengan elemen publik, dan ide kreatif; dan 5) Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya sarana literasi, jumlah buku pengayaan sedikit, tata kelola literasi belum baik, dan tidak adanya rumusan kebijakan.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2021-12-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/43
10.1503/jpp.v2i1.43
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 2 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 75-85
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v2i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/43/59
 
Rights Hak Cipta (c) 2021 KHUSNUL QOMARUDIN
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0