Record Details

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG BANGUN RUANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN BENDA KONKRIT KELAS IV A SD NEGERI PACITAN KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG BANGUN RUANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN BENDA KONKRIT KELAS IV A SD NEGERI PACITAN KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN
 
Creator SRIYATI
 
Subject Kemampuan siswa, bantuan benda konkrit, matematika
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan bantuan benda konkrit. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN Pacitan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, post test, wawancara, dokumentasi dan angket. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan dan evaluasi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan bantuan benda konkrit. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran Matematika. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari prosentase kemampuan siswa dalam pembelajaran Matematika dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I prosentase kemampuan siswa sebesar 74% dan pada siklus II sebesar 90% serta pada siklus III sebesar 94%. Hal ini membuktikan bahwa dengan bantuan benda konkrit dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Matematika.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2021-12-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/42
10.1503/jpp.v2i1.42
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 2 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 67-74
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v2i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/42/58
 
Rights Hak Cipta (c) 2021 SRIYATI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0