UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG BANGUN RUANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN BENDA KONKRIT KELAS IV A SD NEGERI PACITAN KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG BANGUN RUANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN BENDA KONKRIT KELAS IV A SD NEGERI PACITAN KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN
|
|
Creator |
SRIYATI
|
|
Subject |
Kemampuan siswa, bantuan benda konkrit, matematika
|
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan bantuan benda konkrit. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN Pacitan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, post test, wawancara, dokumentasi dan angket. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan dan evaluasi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan bantuan benda konkrit. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran Matematika. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari prosentase kemampuan siswa dalam pembelajaran Matematika dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I prosentase kemampuan siswa sebesar 74% dan pada siklus II sebesar 90% serta pada siklus III sebesar 94%. Hal ini membuktikan bahwa dengan bantuan benda konkrit dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Matematika.
|
|
Publisher |
LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
|
|
Date |
2021-12-17
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/42
10.1503/jpp.v2i1.42 |
|
Source |
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 2 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 67-74
2747-2477 2716-1498 10.1503/jpp.v2i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/42/58
|
|
Rights |
Hak Cipta (c) 2021 SRIYATI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 |
|