Record Details

UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI MIA 6 SMA NEGERI 1 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI MIA 6 SMA NEGERI 1 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
 
Creator SUYANTO
 
Subject Pembelajaran, problem solving, hasil belajar, aktivitas siswa
 
Description Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas kegiatan pembelajaran melalui model problem solving terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar Sejarah Indonesia. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pacitan selama kurang lebih 3 bulan, yaitu pada bulan Juli sampai dengan bulan September 2020. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 1 Pacitan tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 34 siswa. Penilaian atau evaluasi dilakukan melalui ulangan harian dengan bentuk tes uraian bebas pada tiap siklus. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran melalui model problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 1 Pacitan pada mata pelajaran Sejarah Indonesia. Pada siklus I aktivitas siswa dalam pembelajaran 25 dari 34, sisanya 9 siswa kurang aktivitas, persentasenya 73,53%. Sedangkan ketuntasan belajar individual 26 orang siswa, secara klasikal 76,47% dan rata-rata kelas 75,15. Pada siklus II aktivitas siswa dalam pembelajaran 30 dari 34, sisanya 4 siswa kurang aktivitas, persentasenya 88,24 %. sedangkan ketuntasan belajar individual 31 orang siswa, secara klasikal 91,18% dan rata-rata kelas 80,59.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2021-12-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/40
10.1503/jpp.v2i1.40
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 2 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 47-55
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v2i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/40/56
 
Rights Hak Cipta (c) 2021 SUYANTO
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0