Record Details

UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KOMPETENSI MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS XII APH3 SMK NEGERI 2 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KOMPETENSI MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS XII APH3 SMK NEGERI 2 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
 
Creator UTAMI, BENI BUDI
 
Subject Metode Kontekstual, aktivitas siswa, hasil belajar
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran dengan metode kontekstual terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Pacitan selama kurang lebih 3 bulan pada siswa kelas XII APH3 SMK Negeri 2 Pacitan semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 30 siswa. Penilaian atau evaluasi dilakukan melalui ulangan harian dengan bentuk tes uraian bebas pada tiap siklus. Ukuran keberhasilan pembelajaran ini adalah meningkatnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya indikator pencapaian aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa menunjukkan peningkatan. Pada siklus I aktivitas siswa dalam pembelajaran 21 dari 30, sisanya 9 siswa kurang aktif, persentasenya 70 %. Sedangkan ketuntasan belajar individual 22 orang siswa, secara klasikal 73,33 % dan rata-rata kelas 84,66. Pada siklus II aktivitas siswa dalam pembelajaran 27 dari 30, sisanya 3 siswa kurang aktif, persentasenya 90 %. sedangkan ketuntasan belajar individual 28 orang siswa, secara klasikal 93,33 % dan rata-rata kelas 91,0.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2021-12-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/38
10.1503/jpp.v2i1.38
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 2 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 25-35
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v2i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/38/54
 
Rights Hak Cipta (c) 2021 BENI BUDI UTAMI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0