Record Details

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA KEGIATAN CLASSROOM READING PROGRAM BAGI GURU SD NEGERI 1 NGADIROJO KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA KEGIATAN CLASSROOM READING PROGRAM BAGI GURU SD NEGERI 1 NGADIROJO KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019
 
Creator SUWANTI
 
Subject Perpustakaan, budaya baca, supervisi akademik
 
Description Tujuan penelitian ini adalah supervisi akademik pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh guru sebagai sumber belajar untuk meningkatkan budaya baca siswa melalui kegiatan classroom reading program. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Sekolah. Subyek penelitian guru SD Negeri 1 Ngadirojo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan berjumlah 6 orang. Penelitain dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Maret 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Analsis data dilakukan dengan analisis dekskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahu kualitas guru dalam pemanfaatan referensi perpustakaan sebagai sumber pembelajaran rata-rata 64,58% dan skor guru yang mencapai = 75 ada 2 orang (33,33%). Hasil supervisi akademik siklus I, kualitas guru rata-rata 73,60% dan skor guru yang mencapai = 75 ada 3 orang (50,00%). Peningkatan rata-rata skor 9,0 dan peningkatan kualitas pemanfaatan referensi perpustakaan 16,7%. Hasil supervisi akademik siklus II, kualitas guru rata-rata 78,50% dan skor guru yang mencapai = 75 ada 5 orang (83,33%). Peningkatan rata-rata 4,9 dan peningkatan IPK guru 33,3%. Dapat disimpulkan, supervisi akademik pada classroom reading program dapat meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh guru dalam meningkatkan budaya baca siswa dalam pembelajaran.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2021-12-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/37
10.1503/jpp.v2i1.37
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 2 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 13-24
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v2i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/37/52
 
Rights Hak Cipta (c) 2021 SUWANTI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0