Record Details

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PADA SEKOLAH BINAAN SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PADA SEKOLAH BINAAN SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019
 
Creator SUSILAWATI, ENDANG
 
Subject Kompetensi pedagogik, supervisi akademik, kurikulum
 
Description Guru mengalami kesulitan menerapkan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 karena pada tahun pelajaran sebelumnya masih menerapkan pembelajaran dengan Kurikulum 2006. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Binaan Pengawas Sekolah Dasar di Kabupaten Pacitan, dengan populasi guru kelas VI yang berjumlah 10 orang. Dipilih 6 orang guru sebagai sampel, dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kepengawasan (PTKp) dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Amalsis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, perolehan nilai kompetensi pedagogik guru pada siklus I adalah sebesar 73,3. Nilai ini meningkat dari hasil nilai pra penelitian yang hanya sebesar 62,5. Selanjutnya pada siklus II diperoleh nilai kompetensi pedagogik guru sebesar 80,7. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Supervisi Akademik efektif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2021-12-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/36
10.1503/jpp.v2i1.36
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 2 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 1-12
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v2i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/36/53
 
Rights Hak Cipta (c) 2021 ENDANG SUSILAWATI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0