Record Details

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MELALUI TEKNIK KELOMPOK BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BELAH DONOROJO PACITAN PADA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MELALUI TEKNIK KELOMPOK BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BELAH DONOROJO PACITAN PADA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020
 
Creator SUPATMI
 
Subject Pembelajaran aktif, kelompok belajar, kemampuan berfikir kritis
 
Description Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan teknik kelompok belajar dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematika. Penelitiannya merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal tes, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika menggunakan penerapan strategi pembelajaran aktif teknik kelompok belajar yang diperoleh dari penilaian kognitif yang dilakukan setiap akhir siklus. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan dari pretes ke siklus I sebanyak 7.25% dari 60.38% menjadi 67.63% dan pada siklus I ke siklus II sebanyak 11.62% dari 67.63% menjadi 79.25%. Persentase kemampuan berfikir kritis siswa menunjukkan peningkatan menjadi kategori tinggi dan persentase ketuntasan kemampuan berfikir kritis siswa telah mencapai 85% dari 20 siswa yang memenuhi KKM. Sehingga proses pembelajaran dengan menggunakan strategi tersebut berhasil.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2020-10-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/24
10.1503/jpp.v1i2.24
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 1 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 152-164
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v1i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/24/32
 
Rights Hak Cipta (c) 2020 SUPATMI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0