Record Details

UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KAYEN KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KAYEN KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
 
Creator SUJARNO
 
Subject Rasa ingin tahu, Contextual Teaching and Learning (CTL)
 
Description Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2019. Subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 23 siswa. Objek penelitian ini adalah rasa ingin tahu siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket rasa ingin tahu siswa dan observasi keterlaksanaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila rasa ingin tahu sebagian besar (>75%) siswa berada pada kategori baik . Hasil menunjukkan rasa ingin tahu siswa meningkat dari siklus I maupun siklus II. Pada siklus I siswa yang memenuhi kriteria keberhasilan berjumlah 17 siswa dengan presentase 73,91%. Pada siklus II siswa yang memenuhi kriteria keberhasilan berjumlah 19 siswa dengan presentase 82,61%.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2020-10-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/22
10.1503/jpp.v1i2.22
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 1 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 130-139
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v1i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/22/30
 
Rights Hak Cipta (c) 2020 SUJARNO
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0