UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI ASAM DAN BASA DENGAN MENGGUNAKAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL) PADA KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 2 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI ASAM DAN BASA DENGAN MENGGUNAKAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL) PADA KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 2 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
|
|
Creator |
NOER DJANAH, SITI
|
|
Subject |
Materi asam dan basa, Inquiry Based Learning, hasil belajar
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar kimia materi asam dan basa dengan menggunakan pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa. Fokus penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Data hasil belajar diperoleh dari tes evaluasi hasil yang dilaksanakan pada akhir siklus. Soal tes evaluasi hasil belajar masing-masing dilengkapi dengan lima alternatif jawaban. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran IBL pada siklus I adalah 71,53 dengan ketuntasan klasikal 72,22% , kemudian naik menjadi 78,79 dengan ketuntasan klasikal 83,33% pada siklus II, dan meningkat menjadi 83,97 dengan ketuntasan klasikal 91,67% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran IBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi asam dan basa.
|
|
Publisher |
LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
|
|
Date |
2020-10-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/21
10.1503/jpp.v1i2.21 |
|
Source |
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 1 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 121-129
2747-2477 2716-1498 10.1503/jpp.v1i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/21/29
|
|
Rights |
Hak Cipta (c) 2020 SITI NOER DJANAH
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 |
|