Record Details

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS XI IPA 1 DI SMA NEGERI TULAKAN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS XI IPA 1 DI SMA NEGERI TULAKAN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
 
Creator SETYOWATI, NUNUK
 
Subject Aktivitas pembelajaran, Think Pair Share (TPS), hasil belajar
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kognitif tentang konsep fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Tulakan pada pelajaran 2018/2019, dengan 28 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri dari dua siklus, dimulai dengan siklus aktivitas awal. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif yang terdiri dari dua indikator yaitu kegiatan pembelajaran dan hasil belajar penelitian. Aktivitas belajar siswa mendapat nilai rata-rata pada siklus I sebesar 52% yang masuk dalam kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 77% termasuk dalam kategori aktif. Sedangkan untuk hasil penelitian diperoleh dari skor rata-rata untuk siklus pertama 67 dalam kategori cukup dan siklus kedua 77 masuk dalam kategori baik dengan ketuntasan 80%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan tipe model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar tentang kelas fisika XI IPA 1 SMA Negeri Tulakan.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2020-10-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/20
10.1503/jpp.v1i2.20
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 1 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 113-120
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v1i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/20/28
 
Rights Hak Cipta (c) 2020 NUNUK SETYOWATI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0