Record Details

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIPELUS KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIPELUS KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
 
Creator KATUBI
 
Subject Hasil belajar matematika, model kooperatif tipe TGT
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi simetri dan pencerminan bangun datar melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournaments (TGT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pola kolaboratif menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kalipelus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan adalah persentase rata-rata hasil belajar siswa mencapai ≥ 75% dan persentase aktivitas belajar siswa mencapai ≥ 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi simetri dan pencerminan bangun datar siswa kelas IV. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I, persentasenya mencapai 66.38%, siklus II persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 88.05%. Persentase hasil belajar siswa pada waktu pretest yaitu 5.56%, pada siklus I meningkat menjadi 50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 88.89%.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2020-10-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/19
10.1503/jpp.v1i2.19
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 1 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 105-112
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v1i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/19/27
 
Rights Hak Cipta (c) 2020 KATUBI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0