UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIPELUS KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIPELUS KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
|
|
Creator |
KATUBI
|
|
Subject |
Hasil belajar matematika, model kooperatif tipe TGT
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi simetri dan pencerminan bangun datar melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournaments (TGT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pola kolaboratif menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kalipelus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan adalah persentase rata-rata hasil belajar siswa mencapai ≥ 75% dan persentase aktivitas belajar siswa mencapai ≥ 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi simetri dan pencerminan bangun datar siswa kelas IV. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I, persentasenya mencapai 66.38%, siklus II persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 88.05%. Persentase hasil belajar siswa pada waktu pretest yaitu 5.56%, pada siklus I meningkat menjadi 50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 88.89%.
|
|
Publisher |
LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
|
|
Date |
2020-10-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/19
10.1503/jpp.v1i2.19 |
|
Source |
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 1 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 105-112
2747-2477 2716-1498 10.1503/jpp.v1i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/19/27
|
|
Rights |
Hak Cipta (c) 2020 KATUBI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 |
|