Record Details

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK ANTARA STRATEGI TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DENGAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI TULAKAN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK ANTARA STRATEGI TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DENGAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI TULAKAN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
 
Creator SISWANTO, HERI
 
Subject TS-TS, STAD, komunikasi matematik, hasil belajar matematika
 
Description Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis perbedaan pengaruh hasil belajar matematika dilihat dari tingkat kemampuan komunikasi matematik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri Tulakan. Dua kelas dipilih untuk sampel penelitian ini dengan purposiv sampling. Kelas pertama diperlakukan menggunakan strategi TS-TS dan kelas kedua menggunakan strategi STAD. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan perbedaan sel varians dari sel dengan 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) terdapat perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar Matematika dilihat dari dua strategi pembelajaran yang berbeda (TS-TS dan STAD), strategi TS-TS memberikan hasil yang lebih baik dari hasil belajar matematika daripada strategi STAD, 2) tidak ada pengaruh hasil belajar matematika dilihat dari tingkat kemampuan komunikasi matematik siswa, dan 3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi dan tingkat kemampuan komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2020-10-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/17
10.1503/jpp.v1i2.17
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 1 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 87-95
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v1i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/17/25
 
Rights Hak Cipta (c) 2020 HERI SISWANTO
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0