Record Details

PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MOSAIK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NGADIROJO KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN PACITAN

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MOSAIK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NGADIROJO KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN PACITAN
 
Creator PUJIHASTUTI, WIWIK
 
Subject Keterampilan Motorik Halus, Kegiatan Mosaik, Kelompok B
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan mosaik pada anak kelompok B TK Ngadirojo Pacitan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan menggunakan modifikasi model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B yang berjumlah 15 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah keterampilan motorik halus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 80% dari 15 anak memiliki keterampilan motorik halus dengan kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak kelompok B TK Ngadirojo Pacitan dapat ditingkatkan melalui kegiatan mosaik. Pada siklus I diperoleh 73,33% atau 11 anak dari 15 anak yang berada pada kriteria berkembang sangat baik. Pada siklus II diperoleh 93,33% atau 14 anak dari 15 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik. Penelitian dihentikan sampai Siklus II karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan indikator yaitu minimal 80% dari 15 anak motorik halusnya berkembang sangat baik.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2020-07-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/16
10.1503/jpp.v1i1.16
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 1 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 78-86
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v1i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/16/40
 
Rights Hak Cipta (c) 2020 WIWIK PUJIHASTUTI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0