Record Details

PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI ORIGAMI PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI III CANGKRING KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN PACITAN

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI ORIGAMI PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI III CANGKRING KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN PACITAN
 
Creator SUWARNI, SRI
 
Subject Keterampilan motorik halus, origami, anak Kelompok A
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui origami pada anak Kelompok A TK Pertiwi III Cangkring Ngadirojo Pacitan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah 19 anak Kelompok A yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 75% dari 19 anak memiliki keterampilan motorik halus dengan kriteria baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak meningkat setelah adanya tindakan melalui origami. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase keterampilan motorik halus anak sebesar 39,47%. Pada Siklus I sebesar 50,86% dengan peningkatan 11,39%, Siklus II sebesar 60,33% dengan peningkatan 9,47%, dan pada Siklus III sebesar 78,94% dengan peningkatan 18,61%. Perolehan persentase tersebut menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak Kelompok A dengan kriteria baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 75%.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2020-07-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/15
10.1503/jpp.v1i1.15
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 1 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 66-77
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v1i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/15/39
 
Rights Hak Cipta (c) 2020 SRI SUWARNI
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0