Record Details

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA SISWA KELAS X KP SMK NEGERI 2 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DENGAN MODEL LEARNING CYCLE DISERTAI LKS MULTI REPRESENTASI

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA SISWA KELAS X KP SMK NEGERI 2 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DENGAN MODEL LEARNING CYCLE DISERTAI LKS MULTI REPRESENTASI
 
Creator SRI WAHYUNINGSIH, NUNUK
 
Subject Siklus belajar, LKS multi representasi, fisika, aktivitas pembelajaran
 
Description Penelitian ini berkaitan dengan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada siswa kelas X KP SMKN 2 Pacitan tahun pelajaran 2018/2019 dengan model pembelajaran disertai LKS multi representasi. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas pembelajaran fisika kelas X KP SMKN 2 Pacitan dengan menggunakan model LC dengan LKS multi representasi; 2) untuk mendeskripsikan hasil belajar fisika kelas X KP SMKN 2 Pacitan dengan menggunakan model LC dengan LKS multi representasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan, sehingga penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan. Desain penelitian ini menggunakan siklus Hopkins. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan belajar dari pra siklus ke siklus I meningkat sebesar N-Gain 0,32 sedangkan pada pra siklus ke siklus II meningkat sebesar N-Gain 0,5. Pada siklus kedua meningkat pada kategori sedang. Hasil belajar dari pra siklus ke siklus I meningkat sebesar N-Gain 0,5 sedangkan pada pra siklus ke siklus II meningkat sebesar N-Gain 0,6. Pada siklus kedua meningkat pada kategori sedang.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2020-07-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/11
10.1503/jpp.v1i1.11
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 1 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 22-29
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v1i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/11/35
 
Rights Hak Cipta (c) 2020 NUNUK SRI WAHYUNINGSIH
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0