PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA SISWA KELAS X KP SMK NEGERI 2 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DENGAN MODEL LEARNING CYCLE DISERTAI LKS MULTI REPRESENTASI
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA SISWA KELAS X KP SMK NEGERI 2 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DENGAN MODEL LEARNING CYCLE DISERTAI LKS MULTI REPRESENTASI
|
|
Creator |
SRI WAHYUNINGSIH, NUNUK
|
|
Subject |
Siklus belajar, LKS multi representasi, fisika, aktivitas pembelajaran
|
|
Description |
Penelitian ini berkaitan dengan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada siswa kelas X KP SMKN 2 Pacitan tahun pelajaran 2018/2019 dengan model pembelajaran disertai LKS multi representasi. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas pembelajaran fisika kelas X KP SMKN 2 Pacitan dengan menggunakan model LC dengan LKS multi representasi; 2) untuk mendeskripsikan hasil belajar fisika kelas X KP SMKN 2 Pacitan dengan menggunakan model LC dengan LKS multi representasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan, sehingga penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan. Desain penelitian ini menggunakan siklus Hopkins. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan belajar dari pra siklus ke siklus I meningkat sebesar N-Gain 0,32 sedangkan pada pra siklus ke siklus II meningkat sebesar N-Gain 0,5. Pada siklus kedua meningkat pada kategori sedang. Hasil belajar dari pra siklus ke siklus I meningkat sebesar N-Gain 0,5 sedangkan pada pra siklus ke siklus II meningkat sebesar N-Gain 0,6. Pada siklus kedua meningkat pada kategori sedang.
|
|
Publisher |
LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
|
|
Date |
2020-07-23
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/11
10.1503/jpp.v1i1.11 |
|
Source |
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 1 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 22-29
2747-2477 2716-1498 10.1503/jpp.v1i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/11/35
|
|
Rights |
Hak Cipta (c) 2020 NUNUK SRI WAHYUNINGSIH
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 |
|