Record Details

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA SISWA KELAS I SD NEGERI CANGKRING KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN PACITAN

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA SISWA KELAS I SD NEGERI CANGKRING KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN PACITAN
 
Creator SUGITO
 
Subject Keterampilan membaca permulaan, metode global
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan melalui metode global dan untuk meningkatkan hasil keterampilan membaca permulaan siswa melalui metode global. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Cangkring berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca permulaan melalui metode global dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Cangkring. Peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata kelas dari pratindakan yaitu 66, setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 70,3, pada siklus II nilai rata-rata kelas yaitu 76,3 dan pada siklus III nilai rata-rata kelas yaitu 82.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2020-07-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/10
10.1503/jpp.v1i1.10
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 1 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 11-21
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v1i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/10/34
 
Rights Hak Cipta (c) 2020 SUGITO
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0