Record Details

MODEL PEMBELAJARAN BERKARYA DAN PRESENTASI KARYA ILUSTRASI MELALUI PAMERAN KELAS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN APRESIASI SENI RUPA PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 NGADIROJO PACITAN

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MODEL PEMBELAJARAN BERKARYA DAN PRESENTASI KARYA ILUSTRASI MELALUI PAMERAN KELAS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN APRESIASI SENI RUPA PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 NGADIROJO PACITAN
 
Creator DARWOTO
 
Subject Kola graf, limbah alam, kreativitas, seni grafis
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran berkarya dan presentasi karya ilustrasi melalui pameran kelas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan analisis diskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ngadirojo Pacitan. Hasil penelitian terdiri dari hasil validasi pakar model, hasil uji coba terbatas, hasil uji skala besar, dan hasil tanggapan guru. Hasil validasi pakar model pembelajaran mendapatkan nilai yang sangat tinggi sehingga model pembelajaran yang dikembangkan dapat diaplikasikan di sekolah. Hasil uji coba terbatas mendapatkan nilai yang tinggi, tetapi perlu dilakukan revisi pada aspek berkarya ilustrasi dan lembar apresiasi. Hasil pada uji skala besar memperoleh penilaian yang sangat tinggi. Model pembelajaran berkarya dan presentasi karya ilustrasi melalui pameran kelas dapat diimplikasikan di SMA Negeri 1 Ngadirojo Pacitan dan terbukti dapat meningkatkan apresiasi seni rupa, karena berdasarkan hasil penelitian siswa lebih berminat mengikuti pembelajaran setelah model pembelajaran diimplementasikan.
 
Publisher LPPM STAI Al-Fattah Pacitan
 
Date 2020-07-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/9
10.1503/jpp.v1i1.9
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; Vol 1 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan; 1-10
2747-2477
2716-1498
10.1503/jpp.v1i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/9/33
 
Rights Hak Cipta (c) 2020 DARWOTO
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0