Record Details

PENERAPAN KONSEP SYARIAH DALAM PENGEMBANGAN BISNIS IKM FASHION MUSLIM DI ERA 4.0

AL-IQTISHADY : Jurnal ekonomi syariah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN KONSEP SYARIAH DALAM PENGEMBANGAN BISNIS IKM FASHION MUSLIM DI ERA 4.0
 
Creator Mukri, Syarifah Gustiawati
Indriya, Indriya
Harisah, Harisah
 
Subject
Prinsip Islam, IKM Fesyen Muslim, Digital (e-Smart & e-Commerce), Market Share
 
Description Ditengah persaingan pasar yang semakin kompetitif, program kemitraan dan pemanfaatan  teknologi informasi adalah suatu keniscayaan. Karena segmen industri fesyen merupakan salah satu dari 16 kelompok industri kreatif yang berperan penting dalam perekonomian nasional.  Sepanjang tahun lalu, industri fesyen telah menyumbang kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional sebesar 3,76%, dengan nilai ekspor mencapai US$13,29 miliar atau naik 8,7% dari tahun sebelumnya, capaian tersebut menunjukkan industri fesyen nasional memiliki daya saing di pasar global. Dengan kekuatan daya saing tersebut, dibutuhkan berbagai peningkatan produksi produk fesyen muslim ready to wear untuk meningkatkan market size melalui kemitraan atau kolaborasi desainer dengan industry fesyen, berikut e-commerce/marketingnya. Oleh karenanya, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model kerjasama IKM Fesyen muslim berbasis digital bagi industri fesyen muslim dalam peningkatan market share di era industry 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan untuk menyajikan data secara akurat dilakukan wawancara, observasi, dan telaah kajian literatur yang sesuai dengan tema. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa program kemitraan model mutualistik berprinsip Islami, sangat dibutuhkan. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui jalur lembaga pendidikan desainer, program pemanfaatan teknologi di era 4.0 bagi pelaku IKM, dan perluasan pasar berbasis digital, melalui saluran situs e-Commerce dengan Integrasi e-Smart IKM. Merupakan salah satu strategi pengembangan sektor industri fesyen, peningkatan ekspor, serta perluasan akses pasar dan akses pendanaan. Bahkan dapat membuka kemitraan dengan sejumlah marketplace seperti  shoppe, bukalapak, blibli.com,tokopedia & belanja.com.
 
Publisher AL-IQTISHADY : Jurnal ekonomi syariah
 
Contributor
 
Date 2021-02-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article

 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Al-Iqtishady/article/view/133
 
Source AL-IQTISHADY : Jurnal ekonomi syariah; Vol 2, No 1 (2021): AL-IQTISHADY : Jurnal ekonomi syariah; 73-88
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Al-Iqtishady/article/view/133/pdf
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2021 AL-IQTISHADY : Jurnal ekonomi syariah
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0