PENERAPAN KONSEP SYARIAH DALAM PENGEMBANGAN BISNIS IKM FASHION MUSLIM DI ERA 4.0
AL-IQTISHADY : Jurnal ekonomi syariah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN KONSEP SYARIAH DALAM PENGEMBANGAN BISNIS IKM FASHION MUSLIM DI ERA 4.0
|
|
Creator |
Mukri, Syarifah Gustiawati
Indriya, Indriya Harisah, Harisah |
|
Subject |
—
Prinsip Islam, IKM Fesyen Muslim, Digital (e-Smart & e-Commerce), Market Share |
|
Description |
Ditengah persaingan pasar yang semakin kompetitif, program kemitraan dan pemanfaatan teknologi informasi adalah suatu keniscayaan. Karena segmen industri fesyen merupakan salah satu dari 16 kelompok industri kreatif yang berperan penting dalam perekonomian nasional. Sepanjang tahun lalu, industri fesyen telah menyumbang kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional sebesar 3,76%, dengan nilai ekspor mencapai US$13,29 miliar atau naik 8,7% dari tahun sebelumnya, capaian tersebut menunjukkan industri fesyen nasional memiliki daya saing di pasar global. Dengan kekuatan daya saing tersebut, dibutuhkan berbagai peningkatan produksi produk fesyen muslim ready to wear untuk meningkatkan market size melalui kemitraan atau kolaborasi desainer dengan industry fesyen, berikut e-commerce/marketingnya. Oleh karenanya, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model kerjasama IKM Fesyen muslim berbasis digital bagi industri fesyen muslim dalam peningkatan market share di era industry 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan untuk menyajikan data secara akurat dilakukan wawancara, observasi, dan telaah kajian literatur yang sesuai dengan tema. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa program kemitraan model mutualistik berprinsip Islami, sangat dibutuhkan. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui jalur lembaga pendidikan desainer, program pemanfaatan teknologi di era 4.0 bagi pelaku IKM, dan perluasan pasar berbasis digital, melalui saluran situs e-Commerce dengan Integrasi e-Smart IKM. Merupakan salah satu strategi pengembangan sektor industri fesyen, peningkatan ekspor, serta perluasan akses pasar dan akses pendanaan. Bahkan dapat membuka kemitraan dengan sejumlah marketplace seperti shoppe, bukalapak, blibli.com,tokopedia & belanja.com.
|
|
Publisher |
AL-IQTISHADY : Jurnal ekonomi syariah
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-02-23
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Al-Iqtishady/article/view/133
|
|
Source |
AL-IQTISHADY : Jurnal ekonomi syariah; Vol 2, No 1 (2021): AL-IQTISHADY : Jurnal ekonomi syariah; 73-88
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Al-Iqtishady/article/view/133/pdf
|
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2021 AL-IQTISHADY : Jurnal ekonomi syariah
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|