PENGEMBANGAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PROSOSIAL
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGEMBANGAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PROSOSIAL
|
|
Creator |
Maela Margawati, Tita
|
|
Description |
Siswa SMA berada pada masa remaja, yang merupakan periode kritis yang menjadi dasar berhasil tidaknya dalam menjalani tugas perkembangan selanjutnya. Secara psikologis remaja tengah berada pada masa topan dan badai, sedang mencari identitas diri dan rawan sekali mengalami konflik. Di sisi lain dinamika perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, membawa perubahan diberbagai segi kehidupan, skaligus merupakan tantangan dan ancaman bagi remaja yang baru saja memulai kehidupan yang sesungguhnya. Kenyataan ini menuntut dimilikinya kemampuan-kemampuan khusus agar remaja dapat mempertahankan keberadaannya dalam dinamika kehidupan yang selalu berkembang. Prososial merupakanperilaku yang menguntungkan penerima, tetapi tidak memiliki keuntungan yang jelas bagi pelakunya. Prososial memiliki intensi untuk mengubah keadaan pisik atau psikologis penerima bantuan dari kurang baik menjadi lebih baik, dalam arti secara material maupun psikologis, dalam hal ini prososial bertujuan untuk meningkatkan well being terhadap orang lain. Kemampuan merespon secara fleksibel, penuh inisiatif dan bertanggung jawab menjadi salah satu kunci agar remaja mampu menjalani masa remaja dengan baik dan mencapai perkembangan selanjutnya secara optimal. Pelaksanaan bimbingan kelompok di SMAN 1 Ngadirojo yang belum optimal menjadikan masalah prososial siswa yang sebetulnya penting belum menjadi prioritas utama untuk diberikan layanan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kondisi empiris pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di sekolah (2) mengetahui kondisi prososial siswa, (3) merumuskan model yang efektif untuk meningkatkan prososial siswa, (4) mengetahui tingkat keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran untuk meningkatkan prososial siswa. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Subyek penelitian menggunakan sampel satu kelompok beranggotakan sepuluh (10) orang siswa yang prososialnya heterogen yaitu tinggi, sedang dan rendah. Produk dari penelitian adalah bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran untuk meningkatkan prososial siswa. Simpulan akhir dari penelitian ini adalah bimbingan kelompok dengan teknikbermain peran yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan prososial siswa, dan ini membawa dampak konsekwensi terhadap usaha peningkatan prososial siswa. Untuk itu disarankan kepada guru bimbingan dan konseling sebagai praktisi di sekolah menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran untuk meningkatkan prososial siswa.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Nadlatul Ulama Pacitan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-02-17
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/34
|
|
Source |
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; Vol 11, No 1 (2018): Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; 102-118
2579-7689 1978-1539 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/34/pdf
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/downloadSuppFile/34/33 |
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|