Record Details

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI SMAN 1 NGADIROJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI SMAN 1 NGADIROJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019
 
Creator Maela Margawati, Tita
 
Description Percaya diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang percaya diri yakin atas kemampuan mereka sendiri serta memiliki pengharapan yang realistis, bahkan ketika harapan mereka tidak terwujud, mereka tetap berpikiran positif dan dapat menerimanya. Apabila anak tidak mempunyai rasa percaya diri, anak akan merasa malu kapan dan dimana saja bila dia tampil, dan tidak berani untuk bergaul, anak juga tidak berani untuk menunjukkan kemampuan yang dimilikinya kepada orang lain.Bimbingan pribadi merupakan upaya untuk membantu individu dalam menemukan dan mengembangkan pribadi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mantap dam mandiri serta sehat jasmani dan rohani. Sementara bimbingan sosial merupakan upaya untuk membantu individu dalam mengenal dan berhubungan dengan lingkungan sosial yang dilandasi budi pekerti luhur dan tanggung jawab. Bimbingan pribadi-sosial berarti upaya untuk membantu individu dalam menghadapi keadaan batinnya sendiri dan mengatasi konflik-konflik dalam diri dalam upaya mengatur dirinya sendiri di bidang kerohanian, perawatan jasmani, pengisian waktu luang, penyaluran nafsu seksual dan sebagainya, serta upaya membantu individu dalam membina hubungan sosial di  berbagai lingkungan (pergaulan sosial)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI SMAN 1 Ngadirojo TahunPelajaran 2018/2019. Design penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi adalah siswa kelas XI SMAN 1 Ngadirojo dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI SMAN 1 Ngadirojo dan teknik sampling menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Likert, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan rumus t-test. Dari hasil pre test diperoleh data tingkat perilaku agresif siswa sebesar 86,1 dengan kategori Sedang dan setelah diberikan treatment mengalami kenaikan menjadi 104.5 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan pribadi-sosial dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Sedangkan untuk hasilt-test dilakukan dengan SPSS versi 16 yaitu dengan taraf kesalahan α = 0.05, dengan kriteria Ho ditolak jika output Asymp. Sig. (2-tailed)<α = 0.05, dan jika sebaliknya Ho diterima. (Sugiyono, 2010:379). Dan berdasarkan hasil uji tersebut diperoleh nilai t-test sebesar 0,00, yang mana kurang dari 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa.
 
Publisher Sekolah Tinggi Agama Islam Nadlatul Ulama Pacitan
 
Contributor
 
Date 2019-07-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/64
 
Source Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; Vol 12, No 2 (2019): Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; 26-37
2579-7689
1978-1539
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/64/pdf
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/downloadSuppFile/64/55
 
Rights Copyright (c) 2019 Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0