PENERAPAN KOMBINASI PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 KEBONAGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN KOMBINASI PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 KEBONAGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
|
|
Creator |
Retnani, Ira
|
|
Description |
Proses pembelajaran idealnya harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi sehingga memacu kreativitas dan prestasi. Matematika disajikan dengan proses yang tidak mendukung kemampuan siswa. Pembelajaran langsung dan kooperatif menjadi metode yang diharap mampu meningkatkan kemampuan siswa.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IX E SMP Negeri 2 Kebonagung melalui penerapan kombinasi pembelajaran langsung dan kooperatif.Rumusan masalahnya adalah bagaimana penerapan kombinasi pembelajaran langsung dan kooperatif dapat meningkatan aktivitas dan hasil hasil belajar siswa kelas IX E SMP Negeri 2 Kebonagung tahun pelajaran 2018/2019?Metode dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Tagart. Setiap siklus terdiri dari planning, action, observation dan reflection. Dilaksanakan dua siklus masing-masing dengan 3 kali pertemuan. Pengumpulan data meliputi : data aktivitas guru dan siswa dengan instrumen dan rubrik observasi, data hasil belajar dengan instrumen alat tes tulis dan data dokumentasi.Hasil penelitian yang dicapai adalah 1) Aktifitas siswa yang terdiri dari aspek tingkah laku rata-ratanya naik dari 41,41% pada siklus I menjadi 74,22% pada siklus II, aspek kognitif naik dari 18,75% pada siklus I menjadi 34,38% pada siklus II dan aspek ketertarikan meningkat dari 24,21% pada siklus I menjadi 58,33% pada siklus II, 2) Prestasi belajar jika dilihat berdasarkan skor dasar meningkat yaitu pada siklus I sebanyak 12,50 % siswa nilainya naik dari skor dasar, dan pada siklus II 53,15%, sedangkan dari ketuntasan belajar juga mengalami kenaikan dari 65,66% menjadi 87,50%.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Nadlatul Ulama Pacitan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-06-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/122
|
|
Source |
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; Vol 13, No 2 (2020): Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; 144-161
2579-7689 1978-1539 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/122/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|