Record Details

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENULIS BAHASA INGGRIS DALAM TEKS RECOUNT DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PICTURES SERIES SISWA KELAS VIIID SMPN 2 KEBONAGUNG

Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENULIS BAHASA INGGRIS DALAM TEKS RECOUNT DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PICTURES SERIES SISWA KELAS VIIID SMPN 2 KEBONAGUNG
 
Creator Retnaningrum, Nita
 
Description Artikel yang diambil dari PTK bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil pembelajaran dalam menulis recount text sebelum   menggunakan teknik picture series pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Kebonagung Pacitan; dan (2) mendeskripsikan hasil pembelajaran dalam menulis recount text setelah menggunakan teknik picture series pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Kebonagung Pacitan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Sebelum menggunakan teknik picture series dari 22 orang siswa hanya lima orang yang memenuhi nilai KKM 78. Artinya, terlampauinya nilai KKM yang ditentukan, yaitu 78. Hasil tes awal (pratindakan) menunjukkan bahwa pada hasil karangan siswa masih banyak ditemukan kesalahan; (2) Kemampuan siswa dalam menulis recount text setelah menggunakan teknik picture series, a) Pada siklus I, teknik picture series diterapkan, hasilnya menunjukkan sebanyak 22% siswa mampu memeroleh nilai baik, 19,35% mendapat nilai cukup, dan 48% mendapat nilai di bawah KKM, b) Hasil karangan siswa pada siklus II memenuhi KKM. Presentase kesalahan organisasi pada kegiatan pratindakan, siklus I dan siklus II adalah pada kesalahan organisasi berkurang dari 45% menjadi 25% dan 9%, kesalahan pengembangan ide berkurang dari 58% menjadi 32% dan 16%, kesalahan tata bahasa berkurang dari 80% menjadi 48% dan 25%, dan kesalahan mekanik berkurang dari 25% menjadi 16% dan 6%; dan (3) Faktor-faktor yang memengaruhi hasil evaluasi pada penerapan teknik picture series dalam menulis recount text yang ditampilkan dengan menggunakan slide dapat memberikan stimulus kepada siswa tentang pembelajaran baru khususnya dalam menulis recount text. Dengan demikian, memudahkan siswa untuk memunculkan ide-ide yang ada dalam pikiran mereka yang akan dituangkan menjadi sebuah tulisan. Penambahan instrumen-instrumen baru dapat memudahkan siswa untuk menulis sebuah recount text dengan teknik picture series yang diterapkan. Di samping itu, dengan adanya pengulangan materi yang diberikan dan penguatan (reinforcement) yang memberikan respons baik terhadap hasil menulis siswa serta motivasi yang diberikan guru ketika pembelajaran berlangsung menyebabkan siswa bersemangat dalam menulis.
 
Publisher Sekolah Tinggi Agama Islam Nadlatul Ulama Pacitan
 
Contributor
 
Date 2021-03-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/142
 
Source Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; Vol 14, No 1 (2021): Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; 111-129
2579-7689
1978-1539
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/142/pdf
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/downloadSuppFile/142/105
 
Rights Copyright (c) 2021 Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0