PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING GUIDE PLUS DISCUSSION DI KELAS VIII D SMP NEGERI 2 KEBONAGUNG
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING GUIDE PLUS DISCUSSION DI KELAS VIII D SMP NEGERI 2 KEBONAGUNG
|
|
Creator |
Indrawati, Indrawati
|
|
Description |
Proses pembelajaran yang kurang berhasil disebabkan oleh berbagai faktor, dari dalam dan luar diri siswa. Salah satu permasalahan yang dijumpai dalam proses pembelajaran adalah kurangnya kemampuan membaca siswa. Membaca merupakan aktifitas yang paling banyak dilakukan selama belajar. Untuk mendapat ilmu pengetahuan tidak ada cara lain yang harus dilakukan selain memperbanyak membaca. Sedangkan membaca untuk belajar harus menggunakan set membaca, untuk membentuk set belajar. Dalam set membaca kita menentukan set untuk membuat catatan-catatan yang diperlukan. Untuk mewujudkannya diperlukan panduan membaca (reading guide) sehingga siswa mengetahui apa yang seharusnya didapatkan setelah membaca, selanjutnya dikonfirmasikan bersama dengan teman-teman dalam forum diskusi. Untuk mengatasi permasalahan kurangnya kemampuan membaca siswa di kelas VIII D SMP Negeri 2 Kebonagung, diterapkan pembelajaran Reading Guide Plus Discussion untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Dalam pembelajaran ini siswa mengerjakan LKS sebagai panduan membaca. Setelah waktu yang ditentukan, dilanjutkan dengan pembahasan hasil kerja yang dilakukan oleh siswa secara bergantian dari masing-masing kelompok. Sehingga terjadi penguatan hasil belajar. Diakhir pembelajaran siswa diminta untuk mengerjakan soal Post Test. Hasilnya akan dianalisis dengan mencari nilai rata-rata dan hasil pengamatan kegiatan guru danĀ siswa selama pembelajaran. Pada siklus I didapatkan data rata-rata nilai 77,05, sedangkan pada siklus II didapatkan rata-rata nilai 87,05. Dari hasil siklus I ada kenaikan pada siklus II sebesar 10,00 poin. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Reading Guide Plus Discussion dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas VIII D SMP Negeri 2 Kebonagung.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Nadlatul Ulama Pacitan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-03-07
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/141
|
|
Source |
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; Vol 14, No 1 (2021): Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; 97-110
2579-7689 1978-1539 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/141/pdf
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/downloadSuppFile/141/104 |
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|