Record Details

TELAAH BELAJAR PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DAN TEORI KOGNITIF

Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title TELAAH BELAJAR PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DAN TEORI KOGNITIF
 
Creator Fakih, Imam
 
Description Belajar, sebagai budaya yang perlu dikembangkan pada masa sekarang, tidak bisa dipisahkan dengan pemaknaan hakekat manusia baik yang belajar maupun yang membelajarkan. Dan belajar adalah suatu usaha atau kegiatan yang bertujuan mengadakan perubahan di dalam diri seseorang, mencakup perubahan tingkah laku, sikap, kebiasaan, ilmu pengetahuan dan keterampilan. Belajar dalam konteks ini akan ditelaah dari sisi perspektif pendidikan Islam dan Teori kognitif. Dan bila dilihat dari sisi pendidikan islam belajar merupakan suatu kegiatan perubahan tingkah laku seseorang yang dilakukan oleh pendidik kepada anak didik untuk mencapai kedewasaan yang mencakup aspek kognitif (intelegensi/ pengetahuan), afektif (sikap), psikomotorik (ketrampilan) dan sosial berdasarkan prinsip-prinsip serta sumber ajaran Islam yaitu al-qur’an dan hadits sedangkan dari sisi kognitif adalah belajar yang menekankan pada aspek kognitif saja yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi.
 
Publisher Sekolah Tinggi Agama Islam Nadlatul Ulama Pacitan
 
Contributor
 
Date 2019-02-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/53
 
Source Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; Vol 12, No 1 (2019): Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; 65-87
2579-7689
1978-1539
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/53/pdf
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/downloadSuppFile/53/48
 
Rights Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0