TELAAH BELAJAR PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DAN TEORI KOGNITIF
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
TELAAH BELAJAR PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DAN TEORI KOGNITIF
|
|
Creator |
Fakih, Imam
|
|
Description |
Belajar, sebagai budaya yang perlu dikembangkan pada masa sekarang, tidak bisa dipisahkan dengan pemaknaan hakekat manusia baik yang belajar maupun yang membelajarkan. Dan belajar adalah suatu usaha atau kegiatan yang bertujuan mengadakan perubahan di dalam diri seseorang, mencakup perubahan tingkah laku, sikap, kebiasaan, ilmu pengetahuan dan keterampilan. Belajar dalam konteks ini akan ditelaah dari sisi perspektif pendidikan Islam dan Teori kognitif. Dan bila dilihat dari sisi pendidikan islam belajar merupakan suatu kegiatan perubahan tingkah laku seseorang yang dilakukan oleh pendidik kepada anak didik untuk mencapai kedewasaan yang mencakup aspek kognitif (intelegensi/ pengetahuan), afektif (sikap), psikomotorik (ketrampilan) dan sosial berdasarkan prinsip-prinsip serta sumber ajaran Islam yaitu al-qur’an dan hadits sedangkan dari sisi kognitif adalah belajar yang menekankan pada aspek kognitif saja yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Nadlatul Ulama Pacitan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-02-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/53
|
|
Source |
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; Vol 12, No 1 (2019): Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; 65-87
2579-7689 1978-1539 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/53/pdf
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/downloadSuppFile/53/48 |
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|