PENGGUNAAN TEKNIK GAME EDUKASI DALAM KEGIATAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGGUNAAN TEKNIK GAME EDUKASI DALAM KEGIATAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA
|
|
Creator |
Nur S, Kun Zakiyah
|
|
Description |
Pemberian informasi mengenai kecerdasan emosional kepada siswa, diharapkan mampu mengenal dan mengelola emosi diri, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain, bisa membina hubungan dengan orang lain. Oleh karena itu sudah saatnya sekolah memberikan pembinaan kepribadian dengan mengenalkan kecerdasan emosional kepada siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik game edukasi. Diharapkan dengan diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik game edukasi, siswa mampu mengungkapkan dan mengekspresikan emosi yang dialaminya pada kegiatan yang positif sehingga tidak merugikan orang lain. Tujuan dalam penelitan tindakan ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Teknik Game Edukasi dalam Kegiatan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Kebonagung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Masalah siswa yang berhubungan dengan kegiatan belajarnya sangat banyak seperti sering terlambat, alpha, membolos tidak mengerjakan PR dan sebagainya, untuk itu perlu di berikan layanan yang bisa mengakomodir pemecahan masalah siswa dengan cara yang efektif seperti bimbingan kelompok, karena dengan bimbingan kelompok bisa membahas sejumlah masalah dengan sejumlah siswa sekaligus. Namun dalam proses bimbingan kelompok sering ditemui suasana kaku dan malu-malu sehingga untuk menghilangkan hambatan-hambatan itu dalam proses bimbingan kelompok perlu diselingi dengan game edukasi, dari hasil penelitian, bimbingan kelompok yang dikombinasikan dengan game edukasi bisa membantu meningkatkan kecerdasan emosiona siswa, sehingga tercipta suasana hangat, akrab menyenangkan yang memudahkan pembahasan masalah bisa lebih terbuka yang pada akhirnya antar anggota kelompok bisa menyimpulkan langkah-langkah pemecahan masalah.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Nadlatul Ulama Pacitan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/182
|
|
Source |
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; Vol 15, No 1 (2022): Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; 69-77
2579-7689 1978-1539 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/182/pdf
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/downloadSuppFile/182/135 |
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|