PESANTREN PENDIDIKAN PRIORITAS: Upaya Mencegagah Radialisme Melalui Pendidikan Multikulturalisme di Pesantren
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PESANTREN PENDIDIKAN PRIORITAS: Upaya Mencegagah Radialisme Melalui Pendidikan Multikulturalisme di Pesantren
|
|
Creator |
Mufron, Ali
|
|
Description |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penilaian terhadap pondok pesantren yang akhir-akhir ini mendapatkan stigma yang negatif bahwa pesantren sebagai sarang teroris. Padahal pesantren merupakan salah satu sub model pendidikan dengan ciri khasnya yang sudah terbukti memberikan kontribusi nyata terhadap praktik keberagaman dalam berbangsa dan bernegara. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu kepustakaan, dengan melalui data primer pembacaan buku-buku mutakhir. Kajian ini dengan melibatkan teman sejawat yaitu dosen-dosen manajemen pendidikan Islam dari berbagai kampus, dengan langkah-langkah: pengujian naskah melalui diskusi, kritik, saran, perbaikan, dan finalisasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pondok pesantren sebagai salah satu sub dari pendidikan di Indonesia terbukti telah berhasil mewujudkan Islam yang sejuk dan damai sebagaimana yang diajarkan Rasulnya.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Nadlatul Ulama Pacitan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-01-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/80
|
|
Source |
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; Vol 13, No 1 (2020): Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; 1-8
2579-7689 1978-1539 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/80/pdf
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/downloadSuppFile/80/66 |
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|