Record Details

RESOLUSI PROBLEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN (Alisis Kritis Peran Sumber Daya Manusia Terampil)

Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title RESOLUSI PROBLEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN (Alisis Kritis Peran Sumber Daya Manusia Terampil)
 
Creator Ridlowi, Achmad
 
Description Pendidikan agama yang dilakukan pesantren memiliki peran yang besar dalam mengembangkan teologi multikultural. Meminjam filosofi pendidikan, pendidikan untuk pembebasan bukanlah untuk penguasaan (dominasi). Pendidikan harus menjadi proses pemerdekaan, bukan penjinakan sosial-budaya. Pendidikan bertujuan menggarap realitas manusia dan karena itu, secara metodologis bertumpu pada prinsip-prinsip aksi dan refleksi total, yakni prinsip bertindak untuk merubah kenyataan yang menindas.Karena itulah, tantangan pesantren tidak lagi berkutat pada pemberdayaan sumber daya manusia, dengan membuat program, seperti kursus-kursus kerajinan dengan perkakas, peralatan, dan mesin-mesin, menjahit, pertukangan kayu, perabot rumah tangga, tani dan kebun, las dan teknik elektro. Poesantren kini dihadapkan pada tantangan multikulturalisme yang menjadi kenyataan sosial.
 
Publisher Sekolah Tinggi Agama Islam Nadlatul Ulama Pacitan
 
Contributor
 
Date 2021-07-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/msword
 
Identifier https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/146
 
Source Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; Vol 14, No 2 (2021): Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; 1-20
2579-7689
1978-1539
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/146/130
 
Rights Copyright (c) 2021 Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0