ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI MI NURROHMAN JAJAR DONOROJO
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI MI NURROHMAN JAJAR DONOROJO
|
|
Creator |
Hadi, Luqman
|
|
Description |
Pada tingkat paling operasional, kepala sekolah adalah orang yang berada di garis terdepan yang mengkoordinasikan upaya meningkatkan pembelajaran yang bermutu. Kepala sekolah memang bukan satu-satunya yang determinan bagi efektif tidaknya suatu sekolah karena masih banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan salah satu misalnya guru. Namun kepala sekolah memainkan peran yang termasuk sangat menentukan. Di Indonesia potret kualitas kepala sekolah masih memprihatinkan, terutama pendidikan yang bercirikan keislaman/ madrasah. Kualitas kepala madrasah masih jauh dari kepala sekolah umum dilihat dari kreativitas dan inovasinya. Melihat fenomena tersebut kiranya upaya untuk menciptakan kondisi yang kondusif dalam mencapai tujuan pendidikan adalah mutlak membutuhkan budaya manajemen kualitas. Dan TQM adalah salah satu alternatif yang harus diterapkan dalam lembaga pendidikan. Dengan manajemen tersebut diharapkan efektivitas sekolah akan dapat terwujud secara sempurna.Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis peran kepala sekolah dalam mengimplementasikan TQM di MI Nurrohman Jajar Donorojo dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode interview, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif non statistik dengan analisis deskriptif sebagai penyajian datanya.Dari hasil analisis dibuktikan bahwa kepemimpinan dalam hal ini Kepala madrasah adalah elemen kunci keberhasilan implementasi TQM: peran kepala sekolah dalam menentukan kebutuhan lembaga dan menyusun visi, misi dan tujuan lembaga. kemampuan manajerial yang mumpuni, memiliki gagasan pembaharuan dan mampu memotivasi terwujudnya tim kerja yang solid. merupakan salah satu indikator efektifitas implementasi TQM. Implementasi TQM sudah berjalan dan diterapkan dengan baik dan TQM berperan secara langsung (efektif) terhadap peningkatan mutu pendidikan di MI Nurrohman Jajar Donorojo. Hal ini di dukung dengan indikator : Kepemimpinan madrasah yang kuat, efektifitas proses pembelajaran, pengelolaan tenaga kependidikan yang efektif, memiliki team work yang kompak, cerdas dan dinamis, Partisipasi warga madrasah dan masyarakat, memiliki akuntabilitas dan penekanan angka drop-out.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Nadlatul Ulama Pacitan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/177
|
|
Source |
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; Vol 15, No 1 (2022): Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; 11-19
2579-7689 1978-1539 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/177/pdf
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/downloadSuppFile/177/130 |
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|