PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI STRATEGI INKUIRI PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 BANDAR SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI STRATEGI INKUIRI PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 BANDAR SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
|
|
Creator |
Widorini, Widorini
|
|
Description |
Widorini, 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Pengalaman PribadiMelalui Strategi Inkuiri pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Bandar Semester2 Tahun Pelajaran 2011/2012.Secara realitas, pembelajaran menulis di SMP Negeri 2 Bandar belummampu meningkatkan keterampilan menulis siswa. Berdasarkan refleksi awalkemampuan siswa dalam menulis pengalaman pribadi masih di bawah kriteriaketuntasan minimal (KKM), yakni nilai yang ditentukan adalah 70. Hasilpemantauan menunjukkan bahwa dari rata-rata siswa dalam setiap kelas yangberjumlah 24, siswa yang mencapai ketuntasan hanya sekitar 58%. Hal tersebutberarti masih ada 42% siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM.Penelitian tindakan kelas ini mengenai penerapan strategi inkuiri dalampembelajaran menulis pengalaman pribadi di SMP Negeri 2 Bandar, denganmengambil subjek penelitian kelas VII B semester 1 tahun pelajaran 2016/2017.Indikator yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuansiswa dalam menulis pengalaman pribadi pada tahap pra-menulis, tahappemburaman, dan tahap penyuntingan. Upaya peningkatan indikator tersebutdirancang dalam dua siklus penelitian. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu(1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi,dan (4) analisis dan refleksi untuk perencanaan siklus berikutnya.Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan pada siklus I dan II dapatdideskripsikan bahwa kualitas proses pembelajaran menulis pengalaman pribadisiswa kelas VII B Negeri 2 Bandar mengalami peningkatan dari siklus I sampaidengan siklus II. Peningkatan proses pembelejaran siswa terlihat dari aktivitasmerumuskan masalah (tahap pra-menulis), menemukan jawaban sementara danmencari data (tahap pemburaman), dan menarik kesimpulan (tahap penyuntingan).Simpulan hasil penelitian ini secara singkat yakni: (1) terdapatnyapeningkatan proses pembelajaran menulis dan (2) terdapatnya peningkatan hasilpembelajaran menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII B Negeri 2 BandarSemester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Nadlatul Ulama Pacitan
|
|
Contributor |
Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Pacitan
|
|
Date |
2017-09-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/24
|
|
Source |
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; Vol 10, No 2 (2017): Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam; 116-127
2579-7689 1978-1539 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/24/pdf
https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/downloadSuppFile/24/24 https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/downloadSuppFile/24/25 |
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|