Record Details

Nilai-Nilai Pendidikan Dari Adanya Term Muhkam dan Mutasyabih dalam Tafsir Al-Qur’an

Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur'an dan Hadist

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Nilai-Nilai Pendidikan Dari Adanya Term Muhkam dan Mutasyabih dalam Tafsir Al-Qur’an
 
Creator Munir, Zainal Arifin
Anugrah, Adet Tamula
 
Description This study was conducted to analyze the concept of muhkam and mutasyabih and educational values contained in both terms. The terms muhkam and mutasyabih are rarely understood by teachers as educators in the learning process. These terms are only understood by those who specifically study and analyze the Qur'an in deeply. Because basically the Qur'an is the main reference in Islamic education. So teachers should understand how the concept of muhkam and mutasyabih and understand the values that can be derived from the classification of Qur'anic verses based on these two terms. The research conducted in this paper is a literature approach. The results of this analysis reveal that there are differences of opinion among scholars in analyzing the holy verses of the Qur'an, especially on verses that fall into the mutasyabihat category. From these differences of opinion, the educational values that can be derived from the existence of muhkam and mutasyabih are tolerance values, mujahadah values, tauhid values, and contextual education values.
 
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis konsep muhkam dan mutasyabih serta nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam kedua term tersebut. Istilah muhkam dan mutasyabih jarang difahami oleh guru selaku tenaga pengajar dalam prosesm pembelajaran. Kedua term ini hanya difahami oleh mereka yang khusus mengkaji dan menganaslis Al-Qur’an secara mendalam. Karena pada dasarnya Al-Qur’an adalah rujukan utama dalam pendidikan Islam, maka seyogyanya guru harus mengerti bagaimana konsep muhkam dan mutasyabih serta memahami nilai-nilai yang bisa dipetik dari adanya pengklasifikasian ayat-ayat Al-Qur’an berdasarkan kedua term tersebut. Penelitan yang dilakukan dalam tulisan ini adalah pendekatan kepustakaan. Hasil dari analisis ini mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan pendapat para ulama dalam menganalsis ayat-ayat suci Al-Qur’an, terutama pada ayat-ayat yang masuk dalam kategori mutasyabihat. Dari perbedaan pendapat tersebut nilai-nilai pendidikan yang dapat dipetik dari adanya muhkam dan mutasyabih adalah nilai toleransi, nilai mujahadah, nilai tauhid, dan nilai pendidikan kontekstual.
 
 
Publisher LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Wali Songo Situbondo
 
Date 2021-05-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stiqwalisongo.ac.id/index.php/albayan/article/view/134
10.35132/albayan.v4i2.134
 
Source Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur'an dan Hadist; Vol 4 No 2 (2021): Juni; 199-212
Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur'an dan Hadist; Vol 4 No 2 (2021): Juni; 199-212
2615-2568
2621-3699
10.35132/albayan.v4i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stiqwalisongo.ac.id/index.php/albayan/article/view/134/75
 
Rights Copyright (c) 2021 Zainal Arifin Munir, Adet Tamula Anugrah
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0